Tutorial Elektronika

Cara membuat web server lokal yaitu kita install applikasi web server di komputer kita sendiri. Ada banyak applikasi yang bisa dijadikan sebagai Server Website di komputer kita. Baik itu web server di Windows XP ataupun OS lain seperti linux ( Ubuntu , Suse , dll). Oo...iya hampir lupa, satu yang penting web server lokal ini adalah gratis karena kita tidak perlu sewa domain dan hositng. Software aplikasi web server yang paling populer adalah :

  • Internet Information Service (IIS). IIS ini biasanya sebagai bawaan dari windows. Pada umumnya digunakan pada windows 2000 server dan windows 2003. IIS ini menggunakan bahasa ASP dan banyak dipadukan dengan database MSSQL. Bagi anda yang jago vb script , maka ASP ini sangat cocok buat anda.

  • Apache. Ini biasanya untuk website dengan bahasa PHP dan dipadukan dengan database MySQL. Software yang satu ini gratis.

Karena pertimbangan biaya maka banyak orang memakai Apache , PHP & MySQL untuk membuat server website lokal. Dan juga di hostingan , rata-rata sudah menyediakan fasilitas PHP & MySQL tersebut. Karena itu kita fokuskan topik kita ke web server ini saja.

Kita bisa download Apache , PHP dan MySql dari websitenya dan install satu -satu di komputer kita untuk membuat server website lokal. Tapi ini lebih ribet. Ada beberapa pengembang yang sudah menyediakan satu installer untuk paket tersebut ( Apache , PHP dan MySql ) , seperti :

  • XAMPP

  • WAMPP

  • DONGKRAK

Yang pernah saya coba dan saya pakai di komputer saya adalah XAMPP (basic package) version 1.6.7 untuk Windows. XAMPP ini cukup bagus dan fitur juga cukup lengkap. Berikut fitur - fitur dari XAMPP :

  1. Apache 2.2.9

  2. MySQL 5.0.51b

  3. PHP 5.2.6 + PHP 4.4.9 + PEAR

  4. PHP-Switch win32 1.0 (please use the "php-switch.bat")

  5. XAMPP Control Version 2.5 from www.nat32.com

  6. XAMPP Security 1.0

  7. SQLite 2.8.15

  8. OpenSSL 0.9.8h

  9. phpMyAdmin 2.11.7

  10. ADOdb 4.98

  11. Mercury Mail Transport System v4.52

  12. FileZilla FTP Server 0.9.25

  13. Webalizer 2.01-10

  14. Zend Optimizer 3.3.0

  15. eAccelerator 0.9.5.3 for PHP 5.2.6 (comment out in the php.ini)

Sebagian fungsi fitur ini saya juga belum begitu paham. Tapi yang penting adalah ada Apache , PHP dan MySql , dimana ketiga inilah yang paling kita butuhkan untuk membuat lokal web server di komputer kita.

Cara menginstall XAMPP ini juga mudah. Berikut cara cara install XAMPP menjadi web server di komputer kita.

  1. Download XAMPP di servernya ( http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html)

  2. Double klik pada file yang baru dodownload untuk unpack installer. Pilih folder pada level tertinggi untuk tempat unpack file tersebut seperti E:\xampp atau C:\xampp atau folder yang lainnya. Ingat jangan gunakan folder flash disk dan sejenisnya.

  3. Buka folder tempat anda unpack sebelumnya.

  4. Double klik setup_xampp.bat untuk install XAMPP

  5. Cari dan double klik file xampp-control.exe untuk membuka setting XAMPP.

  6. Disini anda bisa start dan stop Apache , MySQL server dan fitur lain. Untuk latihan ini saya kira anda cukup start Apache , MySQL saja.

  7. Buka browser anda dan ketik http://127.0.0.1 atau http://localhost maka server website lokal anda akan terbuka.

Sampai disini anda sudah berhasil membuat komputer kita menjadi web server. Anda bisa menggunakan phpMyAdmin untuk membuat database.

Copy kan web page anda ke ?:\xampp\htdocs atau buat subfolder dari htdocs untuk website anda. Contoh : Jika anda buat subfolder "coba" maka dari browser anda akan diakses dengan http://localhost/coba

........Selamat Mencoba............

19 comments

  1. Anonim // 17 Juni 2009 07.43  

    om kalo mau buka "localhost/coba" server di client gmana

  2. Sainurizal // 13 November 2009 21.52  

    oke, trus gimana cara seting nya supaya org lain bisa baca ip web server kita? sy sdh coba dan bisa, cuma yg jadi masalah, jika koneksi kita putus dan ip kita ganti lagi.... sy pake modem siera 885u dan flashunlimited? ada cara supaya ip kita statis???

  3. sasas // 6 April 2010 13.13  

    192.168.1.1/coba

  4. HAMDANI // 6 Oktober 2010 08.05  

    terus terang saya masih bingung tentang pembuatan web dan cara nampilinnya di browser..giman cara seting di xampp nya?trima kasih..

  5. Andry // 23 Desember 2010 08.47  

    Kalo Mau Beli buku di Saya Harga 80k Termasuk Onkir ! SMS 081887177108 TANGERANG

  6. severconect // 8 Januari 2012 03.29  

    udahh bisa mass..
    trus tutor cara menggunakan joomla ada ngk mass?

  7. deejavou'koe // 8 Januari 2012 19.57  

    bagai mana upload websitenya mas? tolong dong beri petunjuknya

  8. habiby // 10 Maret 2012 03.25  

    saya sudah mencobanya dan berhasil mas, makasih atas tutorialnya. saya menginstall wordpress di server lokal. tapi, ada yang ingin saya tanyakan. bagaimana kalo kita ingin mengakses wordpress yang sudah diinstall tadi dari sisi client?

    Di web server saya kasih ip address 192.168.2.30. trus di client ip addressnya 192.168.2.1. Sewaktu saya coba membukanya dari client dengan mengetikkan http://192.168.2.30 di firefox, kok tampilan wordpressnya jadi berantakan ya? Tidak sama seperti tampilan http://localhost di server.

    Kira-kira apa yang salah? Mohon bantuannya mas. Terima kasih sebelumnya...

  9. kris // 22 April 2012 20.25  

    wah..sama tu gan, kalo pake wordpress jadi berantakan, tapi saya coba pake joomla berhasil tu gan.

  10. A Plust Organization // 2 Juni 2012 00.42  

    bagaimana cara penggunaan gan. . .??? krim ke email"aplustgp@gmail.com" thank'z

  11. iqbal widodo // 30 September 2012 00.36  

    gan pas ane ketik http://127.0.0.1 atau http://localhost di browser ane kok website localnya gk jalan

  12. M. Rudini Saini // 11 Desember 2012 14.51  

    Terima Kasih Banyak ya,.

    Kata terakhir yang satu ini :
    "Copy kan web page anda ke ?:\xampp\htdocs atau buat subfolder dari htdocs untuk website anda. Contoh : Jika anda buat subfolder "coba" maka dari browser anda akan diakses dengan http://localhost/coba"
    Betul-Betul Sangat Mambantu saya,..
    maklum Saya Masih Pemula,..
    Semangat Terus Kawan,..
    Kembangkan Karya-karya Mu,..
    M. rudini saini ,..

  13. enggy heroedi // 12 Januari 2013 22.45  

    gan aku minta' yang gambar print screennya.. send dimy blogg..







    mkceh.

  14. Ely Kusuma N Tyas // 31 Januari 2013 22.06  

    Thank's gan bagus referensi buat belajar

  15. muria // 25 Februari 2013 00.25  

    thanks

  16. perjaka // 12 Maret 2013 06.03  

    gan ni saya mau tanya
    saya buatwebsite ke xampp sudah berhasil
    yang saya tanyakan gmn cara memunculkan ke dunia internet
    biar bisa di access ke segala komputer maz....
    masak bisanya hanya di komputer saya sendiri hehehehehehe
    tolong bantuannya....

  17. edi prasetiyo // 23 September 2013 22.47  

    Thank's gan sharenya

  18. Anonim // 22 Desember 2013 18.23  

    gak berbobot

  19. Anonim // 30 Mei 2014 18.49  

    Kontholmu CILIK

Poskan Komentar

Mau Tukeran Link disini tempatnya :

Setelah memasukkan link anda silahkan tinggalkan komentar anda di salah satu artikel yang anda baca dan pasang link blog ini di blog/website anda, jika tidak meninggalkan komentar maka link anda akan kami hapus.

Bagi anda yang sudah pasang link blog ini dan belum saya linkback, harap tinggalkan pesan pada shoutbox.