Tutorial Elektronika

Virus yang masuk ke komputer melalui flashdisk yang pertama adalah karena aktifnya autorun. Pada dasarnya, virus mengubah isi autorun.inf sehingga bila autorun aktif, file tersebut akan mengaktifkan virus.

Jika flashdisk terdeteksi oleh komputer maka saat itulah autorun.inf bawaan flash disk, yang sudah terinfeksi virus, akan mengaktifkan virus di flash disk dan menularkannya ke komputer anda. Jadi, langkah pencegahan pertama untuk serangan virus adalah menonaktifkan autorun.

Ada banyak cara mematikan/menonaktifkan autorun pada windows. Cara mematikan autorun untuk sementara adalah tahan tombol Shift ketika memasukkan flash disk. Maka autorun akan mati sementara dan akan hidup lagi ketika anda melepas tombol Shift. Oke, langsung aja berikut ini adalah cara mematikan/menonaktifkan autorun pada windows :

1. Klik tombol Start >> Run

2. Ketik regedit. Maka akan terbuka registry editor window.

3. Masuk ke HKEY_CURRENT _USER\Software\Microsoft\ Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer

4. Pada kolom sebelah kanan, klik kanan NoDriveTypeAutoRun. Lalu klik “Modify“.

5. Ganti isi kolom value data menjadi ff untuk menonaktifkan autorun pada drive. Klik Ok.

6. Kemudian, masuk ke HKEY_USERS\.DEFAULT\Software\Microsoft\ Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer. Lalu lakukan hal yang sama seperti sebelumnya.

7. Tutup registry editor window, lalu restart komputer.

1 comments

  1. tantoroni // 9 Oktober 2011 07.36  

    thanks bos tips..klo di windows 7 sama gak langkah2nya?

Poskan Komentar

Mau Tukeran Link disini tempatnya :

Setelah memasukkan link anda silahkan tinggalkan komentar anda di salah satu artikel yang anda baca dan pasang link blog ini di blog/website anda, jika tidak meninggalkan komentar maka link anda akan kami hapus.

Bagi anda yang sudah pasang link blog ini dan belum saya linkback, harap tinggalkan pesan pada shoutbox.