Tutorial Elektronika

Aplikasi transistor tidak hanya dibatasi pada penguatan sinyal saja. Tetapi dapat juga diaplikasikan sebagai sebuah saklar (switch) pada komputer atau peralatan kontrol lainnya. Saat transistor berada dalam kondisi saturasi, berarti transistor tersebut merupakan saklar tertutup dari kolektor ke emitor. Jika transistor tersumbat (cut off) berarti transistor seperti sebuah saklar yang terbuka”. Rangkaian switching transistor ditunjukkan pada gambar berikut ini :





Gambar (a) Rangkaian Transistor sebagai Penyaklar
(b) Penggambaran Transistor yang Lazim
(c) Garis Beban DC

Tegangan disekitar loop input memberikan :
IB.RB + VBE – VBB = 0 Persamaan (1)
sehingga diperoleh :
IB = (VBB - VBE)/ RB Persamaan (2)

Gambar (b) menjelaskan karakteristik transistor sebagai saklar. Pada saat VBB / VS yang masuk melalui RB negatif, maka sambungan basis-emitor mendapat bias mundur dan mengakibatkan transistor menjadi cut off sehingga secara ideal tidak ada arus kolektor yang mengalir. Hal ini juga terjadi bila VS sama dengan nol. Jika VS positif dan lebih besar dari turn-on voltage, maka sambungan basis-emitor akan mendapat bias maju. Pada saat VS mencapai tegangan sekitar 0,5 – 0,7 V, transistor akan aktif, dan jika dinaikkan terus transistor akan mengalami kejenuhan/saturasi. Dalam kondisi ini secara ideal besarnya VCE sama dengan nol dan dalam kondisi jenuh, penambahan VS tidak akan berpengaruh lagi pada nilai VCE.
Berdasarkan prinsip kerja tersebut, maka switching transistor dapat digunakan sebagai pengemudi aliran arus listrik untuk mengendalikan motor.

8 comments

  1. gUgUn PATRIOT // 13 Oktober 2009 19.33  

    ini bantu saya kerjakan tugas ilektronika dasar, agak kurang paham saya, jadi mohon banyak artikelnya yang mudah di pahami.. oke. terimaksih

  2. Zaf // 10 Desember 2009 03.57  

    thanx.... ane lg butuh... ;-p

  3. satpambobo // 6 September 2010 02.30  

    penerapannya di pengendali relai kan? klo input basis di suntikkan tegangan yang sama vcc berarti transistor ON maka relai yang dihubungkan dengan kolektor transistor menjadi ON juga.

  4. Yogi franata // 6 April 2011 20.00  

    cukup membantu,,,,,,thx

  5. Anonim // 19 Oktober 2011 07.47  

    sangat membantu....thanks a lot...!!!

  6. Anonim // 14 November 2011 20.14  

    bisa ngasih contoh soal ga?
    makasih sebelumnya

  7. Anonim // 26 Maret 2012 20.42  

    good

  8. TerdOngO // 4 Agustus 2012 01.09  

    makasi infonya

Poskan Komentar

Mau Tukeran Link disini tempatnya :

Setelah memasukkan link anda silahkan tinggalkan komentar anda di salah satu artikel yang anda baca dan pasang link blog ini di blog/website anda, jika tidak meninggalkan komentar maka link anda akan kami hapus.

Bagi anda yang sudah pasang link blog ini dan belum saya linkback, harap tinggalkan pesan pada shoutbox.