Tutorial Elektronika

Rangkaian catu daya memberikan supply tegangan pada alat pengendali. Rangkaian catu daya mendapatkan sumber tegangan dari PLN sebesar 220 Volt AC. Ada dua macam catu daya, yaitu catu daya tegangan tetap dan catu daya variable. Catu daya tegangan tetap adalah catu daya yang tegangan keluarannya tetap dan tidak bisa diatur. Catu daya variable merupakan catu daya yang tegangan keluarannya dapat diubah/diatur.
Catu daya yang baik selalu dilengkapi dengan regulator tegangan. Tujuan pemasangan regulator tegangan pada catu daya adalah untuk menstabilkan tegangan keluaran apabila terjadi perubahan tegangan masukan pada catu daya. Salah satu tipe regulator tegangan tetap adalah LM 7805. Regulator tegangan tipe LM 7805 adalah salah satu regulator tegangan tetap dengan tiga terminal, yaitu terminal Vin, GND dan Vout. Tegangan keluaran dari regulator LM 7805 memungkinkan regulator untuk dipakai dalam sistem logika. Dengan mengabaikan penurunan tegangan pada dioda, puncak tegangan beban adalah

V2(puncak) = Vout Sekunder / 0,707

Nilai rata-rata atau nilai dcnya adalah Vdc = 0,636.V2(puncak)

Cara pemasangan dari penerapan regulator tegangan tetap LM 7805 pada catu daya dapat dilihat pada gambar rangkaian berikut :



2 comments

  1. satpambobo // 6 September 2010 02.13  

    wew mantap nih.. KLo Pake Tr 3055 bisa sampe 2A ya?.. cuman sayang ga ada pengaman hubung singkatnya.

  2. Laela Muzdalifah // 29 November 2012 04.33  

    kalo IC 7805 diganti am 7809 atau 7812 gak masalah kan kk ?

Poskan Komentar

Mau Tukeran Link disini tempatnya :

Setelah memasukkan link anda silahkan tinggalkan komentar anda di salah satu artikel yang anda baca dan pasang link blog ini di blog/website anda, jika tidak meninggalkan komentar maka link anda akan kami hapus.

Bagi anda yang sudah pasang link blog ini dan belum saya linkback, harap tinggalkan pesan pada shoutbox.