Tutorial Elektronika

Port parallel terletak di belakang komputer, tentu timbul pertanyaan bagaimana port-port tersebut dapat digunakan untuk mengontrol hardware, yakni untuk mengirimkan atau menerima data.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, kita harus melihat beberapa keterbatasan dalam visual basic karena visual basic tidak dapat mengakses hadware secara langsung dalam sistem operasi windows, maka semua permintaan pengaksesan hardware harus melalui windows. Oleh karena itu kita harus menggunakan program eksternal untuk melakukan pengaksesan hardware secara langsung pada program kita. Untuk itu diperlukan file DLL (Dynamic Link Library) yang diberi nama Port_IO.dll, untuk menggunakannya file DLL ini harus diletakkan dalam direktori C://Windows/System atau diikutkan dalam satu folder program yang dibuat.

Contoh source code untuk mengakses atau mengirim data ke parallel port pada visual basic adalah sebagai berikut :


Sebelum kita menggunakan fungsi-fungsi yang ada dalam file DLL ini, kita lebih dahulu harus mendeklarasikan file DLL tersebut ke dalam Visual Basic. Pendeklarasikannya adalah sebagai berikut :

Private Declare Sub Port_Out lib _
“Port_IO.dll” (ByVal nPort As Integer, _
ByVal nData As Byte)


Jika file DLL tersebut telah dideklarasikan seperti diatas, maka fungsi Port_Out dan Port_In siap digunakan pada Visual Basic. Untuk mengirimkan data pada Port Paralel, kita menggunakan fungsi Port_Out. Sintak penggunaannya adalah sebagai berikut :

Port_Out (Alamat_Port), (Nilai)

Perintah diatas membutuhkan dua parameter, yaitu Alamat_Port dan nilai yang merupakan alamat port dan nilai data yang ingin kita kirim pada port itu. Karena tiap port hanya 8 jalur data, maka kita hanya bisa mengirim nilai maksimum = 255 (FFH/11111111B) ke port yang kita inginkan.

Contoh berikut mengikutsertakan cara menset bit ke port 888 :

‘Menset bit 0 pada port 888
Port_Out 888, 1
‘Menset bit 1 pada port 888
Port_Out 888, 2
‘Menset bit 2 pada port 888
Port_Out 888, 4
‘Menset bit 3 pada port 888
Port_Out 888, 8
Tentu saja kita dapat langsung menset port 888 lebih dari satu bit

‘Menset bit 0, bit 1, bit 2 pada port 888
Port_Out 888, 7

0 comments

Poskan Komentar

Mau Tukeran Link disini tempatnya :

Setelah memasukkan link anda silahkan tinggalkan komentar anda di salah satu artikel yang anda baca dan pasang link blog ini di blog/website anda, jika tidak meninggalkan komentar maka link anda akan kami hapus.

Bagi anda yang sudah pasang link blog ini dan belum saya linkback, harap tinggalkan pesan pada shoutbox.