Tutorial Elektronika

Kontrol PLC dapat di program dari komputer dan dapat juga diprogram menggunakan console secara manual perangkat lunak ini biasanya tergantung pada produk PLCnya. Hal yang perlu diingat dalam membuat ladder diagram adalah instruksi-instruksi yang terkait dengan kondisi didalam diagram tangga. Berikut ini adalah contoh instruksi PLC Omron:



a. LOAD (LD) dan NOT LOAD (LD NOT).
Kondisi LOAD atau NOT LOAD yang mengawali blok logika didalam diagram tangga berkaitan dengan instruksi LD/LD NOT, masing-masing instruksi ini membutuhkan satu baris kode mnemonic.
b. AND dan AND NOT.
Digunakan untuk mengalikan 2 atau lebih dari kondisi input yang dihubung secara seri pada garis instruksi yang sama.
c. OR dan OR NOT.
Digunakan untuk menghubungkan 2 atau lebih dari kondisi input yang dipasang secara paralel.
d. Instruksi OUTPUT dan OUTPUT NOT.
Digunakan untuk mengontrol bit operand yang bersangkutan berkaitan dengan kondisi eksekusi apakah ON atau OFF.
e. Instruksi END.
END instruksi yang harus dituliskan dalam diagram tangga karena CPU PLC akan mengerjakan semua instruksi dari awal hingga ditemui instruksi END. Penulisan END tidak perlu diawali kondisi dan tidak perlu operand. Program yang terletak dibawah instuksi END pertama akan diabaikan.

0 comments

Poskan Komentar

Mau Tukeran Link disini tempatnya :

Setelah memasukkan link anda silahkan tinggalkan komentar anda di salah satu artikel yang anda baca dan pasang link blog ini di blog/website anda, jika tidak meninggalkan komentar maka link anda akan kami hapus.

Bagi anda yang sudah pasang link blog ini dan belum saya linkback, harap tinggalkan pesan pada shoutbox.