Tutorial Elektronika

Listrik adalah sesuatu yang dimanfaatkan untuk menggerakkan alat-alat elektronika seperti : TV, radio, kulkas, tape recorder, kalkulator, komputer, VCD, dan lain sebagainya. Tanpa adanya arus listrik, alat-alat tersebut tidak akan berfungsi dan tidak dapat dimanfaatkan karena tidak ada arus yang menggerakkannya. Listrik mempunyai muatan, yaitu muatan positif dan muatan negatif. Muatan-muatan tersebut bisa tarik menarik apabila muatan listrik tersebut berlawanan. Dan sebaliknya terjadi saling tolak-menolak apabila muatan listrik yang sejenis seperti
proton dengan proton

Suatu atom dikatakan netral apabila materi yang dikandung yaitu neutron dan proton jumlahnya sama. Namun jika salah satu unsur dipindahkan maka atom tersebut tidak netral lagi. Apabila elektron yang dipindahkan ke lainnya, maka inti atom (neutron)atau protonnya akan bertambah. Logikanya apabila elektronnya berkurang maka neutronnya bertambah. Dalam keadaan yang demikian ini, maka jumlah muatan listrik dari atom secara keseluruhan menjadi +1. Sedangkan apabila suatu atom mendapatkan muatan elektron dari luar berarti inti atom bertambah muatan negatifnya. Atau dengan kata lain, muatan negatif lebih banyak lagi dibandingkan dengan muatan elektron pada lintasan luar. Dalam keadaan yang demikian itu, jumlah muatan listrik atom secara keseluruhan menjadi -1.

Atom yang kelebihan muatan elektron disebut ion negatif, dan atom yang kekurangan elektron disebut ion positif

Mau Tukeran Link disini tempatnya :

Setelah memasukkan link anda silahkan tinggalkan komentar anda di salah satu artikel yang anda baca dan pasang link blog ini di blog/website anda, jika tidak meninggalkan komentar maka link anda akan kami hapus.

Bagi anda yang sudah pasang link blog ini dan belum saya linkback, harap tinggalkan pesan pada shoutbox.